Penyerahan Bantuan Terdampak Banjir Kec. Kuala Mandor B

ImageGambar: Bidang Pelayanan, Bantuan dan Rehabilitasi Sosial
Dinsos

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Dinas Sosial mendistribusikan bantuan beras untuk warga terdampak banjir di dua desa di Kecamatan Kuala Mandor B. Penyaluran bantuan beras ini dikirimkan menggunakan kapal motor kelotok Bintang Timur jurusan Pontianak-Kubu Padi.

“Banjir yang melanda dua desa di Kecamatan Kuala Mandor B itu sudah terjadi sejak dua hari lalu, Kamis (15/7/2021) yang masuk ke wilayah Kuala Mandor B, sehingga dua desa di kecamatan itu terdampak musibah banjir, diantaranya Desa Kubu Padi dan desa persiapan Padi Jaya”, kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat menyerahkan bantuan beras di sawmill desa Ambawang Kuala Kecamatan Sungai Ambawang, Sabtu (17/7/2021) siang.

Bupati Muda menyampaikan, lebih dari 900 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir di dua desa di Kecamatan Kuala Mandor B itu. Sebagaimana prosedur kondisi di masa pandemi saat ini, berasnya bisa kita distribusikan menggunakan kapal motor kelotok yang menuju di dua desa itu.

“Alhamdulillah, hari ini kita distribusikan sebanyak 6.750 kg beras yang terdiri dari 135 karung untuk 2.700 jiwa yang tersebar di 6 dusun di dua desa ini, yang mana pendistribusi bantuan beras ini merupakan beras cadangan yang ada di Pemkab Kubu Raya”, ungkapnya.  

Bupati Muda juga mengajak semua elemen rakyat untuk ‘Kepong Bakol’ perkuat solidaritas sosial di tengah pandemi saat ini, karena dengan adanya bantuan dari semua elemen rakyat itu akan memperkuat solidaritas dan kebersamaan membantu sesama.

“Apalagi di masa pandemi saat ini, ayo semua elemen rakyat mari kita bangun solidaritas sosial kita dengan strategi ‘kepong bakol’ bantu warga kita yang mengalami kesulitan dan warga yang membutuhkan uluran tangan kita. Semoga dengan adanya campur tangan dari elemen rakyat, kita bisa meringankan beban warga kita yang membutuhkan bantuan.

Bupati menuturkan, bantuan beras ini sebagai upaya memenuhi kebutuhan mendesak warga yang terdampak banjir karena dengan kondisi saat ini masyarakat tidak bisa bertanam dan surutnya air tidak bisa langsung ditanam ulang, sehingga dengan bantuan beras ini bisa memenuhi kecukupan pangan bagi warga di dua desa itu.

“Yang penting kesehatan warga dulu yang kita utamakan dan kita juga sudh instruksikan kepada Puskesmas Kuala Mandor B agar setiap waktu memantau kondisi kesehatan warga yang terdampak banjir dan kemarin laporannya sudah ada ke kita”, ujarnya.

Bupati menjelaskan, petugas kesehatan dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta kepala desa akan langsung turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan kesehatan warga di dua desa itu dan penyaluran bantuan beras ini akan dilakukan perdusun, yang mana setiap dusun di dua desa itu yang nantinya akan menyalurkannya kepada warganya berdasarkan data dari masing-masing RT.   

“Untuk mengantisipasi penyakit pasca banjir seperti diare dan gatal-gatal serta kondisi masih pandemi saat ini tentunya sangat rawan sekali, makanya kita minta Puskesmas setempat untuk segera membagikan obat guna mengantisipasi agar warga tidak terserang penyakit pasca banjir”, ucapnya.

Di tempat yang sama Kepala Desa Kubu Padi Osman mengatakan, ada 900 KK yang tersebar di 6 dusun di dua desa ini diantaranya, untuk dusun yang terdampak banjir di Desa Kubu Padi diantaranya, Dusun Karya Abadi, Karya Bersama, Harapan Bersama dan Dusun Tunas Harapan sedangkan dusun yang terdampak banjir di desa persiapan Padi Jaya diantaranya Dusun Karya Indah dan Dusun Karya Murni.

“Dusun yang paling terdampak paling parah musibah banjir di desa kita ini ada di dusun paling ujung yaitu Dusun Karya Abadi dan Dusun Karya Indah, sehingga sampai saat ini ada ratusan rumah yang masih terendam air dan warga juga ada yang sudah mengungsi ke tempat keluarganya masing-masing”, kata Kades Kubu Padi Osman.

Osman menyampaikan, air yang meredam ratusan rumah warga itu volume masih sama dengan hari-hari sebelumnya, tidak naik dan tidak pula surut kondisinya masih tetap. Jadi dengan adanya bantuan dari Pemkab Kubu Raya ini bisa membantu dan meringankan serta bermanfaat bagi warga yang terdampak.

“Alhamdulillah dalam beberap hari ini petugas kesehatan, baik itu bidan dan perawat sudah mengecek langsung dan memantau terus perkembangan kesehatan warga yang terdampak banjir ini dengan menggunakan ambulance desa”, pungkasnya.

Sebelumnya Pemkab Kubu Raya juga menyalurkan bantuan kurang lebih 900 kg beras bagi warga terdampak banjir di Jalan Sekuder C, Dusun Rasau Karya, Desa Rasau Jaya Umum, Kecamatan Rasau Jaya, Kamis (15/7/2021) kemarin.

Pendistribusian bantuan beras ini juga dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan, Sekretariat Daerah Kubu Raya, Mustafa, Kepala Dinas Sosial Anusapati, Camat Kuala Mandor B Maluk dan disaksikan Anggota Koramil 1207-06/Sungai Ambawang dan anggota Polsek Kuala Mandor B.